KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI
1. BAHASA INDONESIA
SD/MI
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Membaca
Membaca berbagai teks nonsastra berupa teks sederhana, laporan,
pengumumsn, petunjuk pemakaian,
ringkasan, makna kata, dan rubrik
khusus, serta berbagai karya sastra berupa puisi, dongeng, cerita anak, dan
drama anak.
|
Disajikan teks bacaan 3 – 4 paragraf, siswa dapat:
menjawab
pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa, bagaimana, atau mengapa)
membuat
kalimat tanya sesuai dengan isi
salah satu paragraf
menentukan
ide pokok salah satu paragraf
menentukan
kalimat yang sesuai dengan salah
satu paragraf.
|
Disajikan gambar kemasan
obat yang terdapat petunjuk pemakaiannya,
siswa dapat menjelaskan penggunaan
obat sesuai dengan tingkatan umur.
|
||
Disajikan petunjuk penggunaan
sebuah produk yang diacak, siswa dapat mengurutkan
dengan susunan yang tepat.
|
||
Disajikan rubrik khusus surat pembaca,
siswa dapat menentukan kalimat saran dengan tepat.
|
||
Disajikan cuplikan pengumuman,
siswa dapat menentukan isinya.
|
||
Disajikan teks drama, siswa dapat:
menentukan
tokoh utama
menentukan
latar
menentukan
amanatnya.
|
||
Disajikan paragraf yang terdiri
atas
4 kalimat, siswa dapat menentukan kalimat utamanya.
|
||
Disajikan teks percakapan,
siswa dapat menyimpulkan isinya.
|
||
Disajikan sebuah paragraf, siswa
dapat:
menentukan
makna yang terkait di dalamnya
mengartikan
salah satu kata sulit dalam
kalimat.
Menentukan
antonim salah satu kata yang
terdapat di dalam paragraf.
|
||
Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai ilustrasi yang disajikan.
|
||
Siswa dapat menentukan ungkapan sesuai ilustrasi yang disajikan.
|
||
Disajikan pantun, siswa dapat menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
|
||
Disajikan dua teks, siswa dapat
menentukan persamaannya
|
||
Disajikan jadwal perjalanan
beberapa nama kereta api berbagai
jurusan, siswa dapat:
membuat
pernyataan sesuai isi jadwal
menentukan
kereta tertentu yang berangkat/datang lebih cepat/lambat sesusi isi jadwal
|
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012 1
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
Disajikan puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksud yang terkandung di dalamnya.
|
Disajikan cuplikan cerita
anak, siswa dapat menyimpulkan
isinya.
|
||
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat:
menentukan
isinya
memperbaiki kalimat yang salah strukturnya.
|
||
Disajikan percakapan dua atau
tiga orang, siswa dapat menentukan
topiknya.
|
||
Disajikan teks satu
paragraf, siswa dapat:
menentukan
ringkasannya
menentukan
temanya
menentukan
pesan yang terkandung di dalamnya.
|
||
Disajikan teks puisi pendek,
siswa dapat:
menentukan
parafrase yang tepat
menentukan makna kata
pada puisi yang disajikan.
|
||
2.
|
Menulis
Mengungkapkan pikiran,
perasaan,
dan informasi
dalam bentuk karangan sederhana,
petunjuk pemakaian, surat, pengumuman,
dialog, formulir, teks pidato,
laporan, dan ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata yang tepat; menulis
berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrase, dan
pantun
|
Disajikan
petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk yang runtut.
|
Disajikan empat
kalimat yang disusun secara acak,
siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu.
Disajikan
dua kalimat tunggal, siswa dapat menggabungkan dengan kata hubung yang
tepat.
Disajikan
kalimat rumpang, siswa dpat melengkapi dengan kata gabung yang tepat.
|
||
Disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belum lengkap, siswa
dapat melengkapi dengan kalimat
efektif yang tepat.
|
||
Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat
surat yang disajikan.
|
||
Disajikan cuplikan pengumuman yang
belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang di dalamnya terdapat kata depan yang tepat.
|
||
Disajikan
dialog antara dua atau tiga orang yang belum
lengkap, siswa dapat melengkapi
dengan kalimat yang tepat.
|
||
Disajikan formulir dan data isian, siswa dapat melengkapi formulir sesuai dengan
data yang disajikan.
|
||
Disajikan teks pidato yang
belum lengkap, siswa dapat:
melengkapi
dengan kalimat yang tepat
memperbaiki
kalimat yang ejaannya salah.
|
||
Disajikan
surat resmi yang di dalamnya
terdapat kata yang tidak tepat, siswa dapat memperbaikinya dengan kata yang sesuai orang
yang dituju.
|
||
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat membetulkan
ejaan yang salah.
|
||
Disajikan data, siswa dapat menentukan kalimat laporan sesuai data.
|
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012 2
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
Disajikan sebuah pantun yang
belum lengkap di bagian isi, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
|
Disajikan gambar kegiatan,
siswa dapat menyusun sebuah
paragraf yang sesuai dengan maksud
gambar.
|
||
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
|
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012 3
2. MATEMATIKA SD/MI
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami konsep
dan operasi hitung bilangan serta
dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah.
|
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan operasi hitung campuran bilangan cacah.
|
||
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan bulat.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan.
|
||
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian berbagai bentuk pecahan.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang
berkaitan dengan skala atau perbandingan
lainnya.
|
||
Siswa dapat menentukan urutan berbagai bentuk pecahan dari
besar ke kecil atau sebaliknya.
|
||
Disajikan dua buah bilangan,
siswa dapat menentukan
KPK atau FPB dalam bentuk
faktorisasinya.
|
||
Disajikan tiga buah bilangan
dua angka, siswa dapat menentukan
FPB atau KPK-nya.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan KPK.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan FPB.
|
||
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat
dua.
|
||
Siswa dapat menentukan hasil penarikan akar pangkat
tiga dari suatu bilangan pangkat tiga.
|
||
Siswa dapat penyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penarikan
akar pangkat tiga.
|
||
2.
|
Memahami konsep
ukuran dan pengukuran berat, panjang, luas dan volume waktu serta penggunaannya dalam pemecahan
masalah
kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan ukuran waktu
dengan satuan yang berbeda atau ukuran panjang satuan panjang yang berbeda
yang disajikan dalam soal cerita
sederhana.
|
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan satuan debit atau satuan volum.
|
||
Siswa dapat menentukan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan ukuran
berat atau satuan luas.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang
berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan
waktu.
|
||
3.
|
Memahami konsep,
sifat dan unsur- unsur bangun geometri
dapat menghitung besar-besaran yang
terkait dengan bangun geometri
(2D/3D) memahami konsep
transformasi bangun datar, serta
dapat menggunakannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan bentuk bangun datar dari
beberapa sifat-sifat bangun yang disajikan atau sebaliknya.
|
Siswa dapat menentukan hasil pencerminan
dari gambar suatu bangun datar yang
disajikan.
|
||
Siswa dapat menentukan unsur-unsur yang ada pada
bangun ruang yang disajikan (titik
sudut, sisi, atau rusuk).
|
||
Siswa dapat menentukan satu pasang bangun yang sama dan sebangun dari beberapa gambar yang disajikan.
|
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012 4
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
Siswa dapat menentukan jaring-jaring suatu bangun ruang.
|
Disajikan gambar bangun datar
dengan ukuran yang ditentukan siswa dapat menghitung
luasnya.
|
||
Siswa dapat menentukan luas gabungan atau irisan dari
dua bangun datar sederhana.
|
||
Siswa dapat menentukan luas bagian lingkaran (misal
setengah lingkaran).
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan volum kubus atau balok.
|
||
Siswa dapat menentukan volume prisma segitiga
dari suatu gambar yang ukurannya
diketahui.
|
||
Siswa dapat menentukan volume tabung dari suatu gambar
tabung yang ukurannya diketahui.
|
||
4.
|
Memahami konsep
koordinat untuk menentukan letak
benda dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
Diberikan beberapa titik pada bidang koordinat, siswa dapat menentukan koordinat salah satu titik.
|
5.
|
Memahami konsep
pengumpulan
data penyajian data dengan
tabel dan grafik mengurutkan data rata-rata
serta menerapkan dalam pemecahan
masalah kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan banyak data dari suatu gambar
diagram batang yang disajikan
(terbanyak, terendah selisih,
dll).
|
Siswa dapat menentukan banyak data pada diagram
lingkaran yang disajikan (data dari persentase atau besar sudut tertentu).
|
||
Siswa dapat menentukan diagram batang dari data yang disajikan dalam bentuk tabel.
|
||
Siswa dapat menentukan salah satu unsur dari data
yang disajikan dalam bentuk diagram batang atau lingkaran.
|
||
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data (rentang banyak data 6 – 10
data).
|
||
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari data
berbentuk tabel (banyak data kurang dari 20 data).
|
||
Siswa dapat menghitung nilai rata-rata dari sajian data berbentuk diagram batang.
|
||
Siswa dapat menentukan nilai median dari
sekumpulan data tunggal yang disajikan.
|
||
Siswa dapat menentukan nilai modus dari data yang
disajikan dalam bentuk soal cerita.
|
||
Siswa dapat menentukan nilai tertinggi atau terendah
dari data yang disajikan.
|
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012 5
3. ILMU PENGETAHUAN
ALAM SD/MI
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami ciri-ciri
dan
penggolongan hewan dan tumbuhan, manfaat
tumbuhan dan hewan bagi manusia,
serta upaya pelestariannya.
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada
hewan/tumbuhan tertentu
|
Disajikan contoh beberapa tumbuhan/hewan
dalam satu kelompok, siswa
dapat menentukan dasar pengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut
|
||
Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan
bagi kehidupan manusia/lingkungan
|
||
Siswa dapat menjelaskan tujuan melestarikan hewan/tumbuhan
langka
|
||
2.
|
Memahami perkembangbiakan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan
|
Disajikan gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat menentukan cara perkembangbiakannya
|
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan fisik pada manusia
|
||
Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan
|
||
3.
|
Memahami saling
ketergantungan antarmakhluk hidup
|
Siswa dapat menjelaskan contoh hubungan antar makhluk hidup (salah satu jenis simbiosis)
|
Siswa dapat menentukan rantai makanan yang cocok dalam komunitas/ekosistem
tertentu
|
||
Siswa dapat menentukan peran komponen ekosistem berdasarkan gambar rantai makanan
|
||
4.
|
Memahami penyesuaian
diri pada makhluk hidup serta peranan
manusia dalam keseimbangan lingkungan
|
Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan
|
Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada hewan/tumbuhan
tertentu
|
||
5.
|
Memahami bagian tubuh
manusia, tumbuhan, dan hewan, menjelaskan fungsinya,
serta mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat.
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan
berdasarkan strukturnya
|
Disajikan gambar alat indera,
siswa dapat menentukan fungsi
bagian yang ditunjuk
|
||
Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada
salah satu bagian alat pernafasan
berdasarkan gambar
|
||
Disajikan gambar alat pencernaan
manusia, siswa dapat menjelaskan proses yang dilakukan enzim/zat
pencernaan yang dihasilkan oleh
bagian yang ditunjuk
|
||
Siswa dapat menentukan urutan aliran darah pada salah
satu sistem peredaran darah manusia berdasarkan gambar
|
||
Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia berdasarkan gambar
|
||
Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan tertentu bagi kesehatan tubuh manusia
|
||
Siswa dapat menjelaskan cara pecegahan salah satu
jenis penyakit pada manusia
|
||
6.
|
Memahami sifat
penyusun benda, perubahan bentuk benda dan kegunaan, serta pengaruh suhu
terhadap benda dalam kehidupan
sehari-hari
|
Disajikan ilustrasi suatu
kegiatan siswa dapat menentukan
jenis perubahan wujud zat yang terjadi
|
Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bahan untuk
keperluan tertentu atau dapat menyebutkan
bahan dasar benda tertentu
|
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012 6
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat menjelaskan
pengaruh suhu terhadap benda pada kegiatan tersebut
|
Siswa dapat menjelaskan contoh jenis perpindahan
kalor yang terjadi pada suatu kegiatan/peristiwa
|
||
7.
|
Memahami hubungan
antara gaya, gerak, energi dan perubahannya, serta manfaatnya dalam kehidupan
sehari- hari.
|
Disajikan gambar kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan
|
Disajikan pernyataan/gambar,
siswa dapat mengidentifikasi gaya
dapat mengubah gerak/bentuk suatu
benda
|
||
Disajikan gambar/ilustrasi
suatu kegiatan, siswa dapat menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai digunakan.
|
||
Disajikan gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan sumber bunyi dari alat tersebut
|
||
Disajikan gambar/pernyataan,
siswa dapat menentukan sifat cahaya dari gambar/pernyataan tersebut
|
||
Disajikan gambar/pernyataan,
siswa dapat menentukan perubahan
energi yang terjadi
|
||
Siswa dapat menyebutkan contoh energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat menentukan lampu yang menyala/mati
jika salah satu saklar diputus/disambung
|
||
8.
|
Mendeskripsikan berbagai jenis
sumber daya alam, perubahan yang terjadi dalam
pengunaannya, serta dampaknya bagi kehidupan.
|
Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah
|
Disajikan gambar/pernyataan,
siswa dapat menentukan manfaat salah satu jenis sumber daya alam
|
||
Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia
yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)
|
||
Siswa dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui/tidak dapat
diperbaharui.
|
||
9.
|
Memahami sistem tata surya bagi kehidupan.
|
Menentukan nama planet/ciri-ciri planet dalam tata
surya
|
Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan terhadap kehidupan di bumi
|
||
Siswa dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan atau menjelaskan terjadinya gerhana matahari/bulan.
|
||
Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan tahun masehi/tahun hijriah.
|
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012 7
B. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SDLB
4. BAHASA
INDONESIA
SDLB – A, D, DAN E (TUNANETRA, TUNA DAKSA RINGAN,
DAN TUNA LARAS)
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Membaca dan memahami berbagai bentuk teks bacaan nonsastra dan sastra berupa petunjuk pemakaian, kamus, ensiklopedi, denah, teks agak panjang
(150 - 200 kata), pengumuman, pantun, teks, percakapan, puisi,
cerita anak, kolom khusus (majalah
anak, kolom dan lain-lain), serta drama
|
Disajikan paragraf sederhana,
siswa dapat:
menentukan ide pokoknya
|
menentukan isi paragraf
|
||
menentukan tema bacaan.
|
||
Disajikan bacaan sederhana
dua paragraf tanpa judul, siswa dapat:
menentukan judul bacaan
|
||
menyimpulkan isi bacaan
|
||
menentukan kalimat utama paragraf
pertama
|
||
menentukan kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf.
|
||
Disajikan bacaan sederhana,
siswa dapat:
mengartikan ungkapan pada paragraf
|
||
menentukan sinonim kata dalam paragraf
|
||
menentukan antonim kata dalam paragraf.
|
||
Disajikan kalimat sederhana, siswa dapat:
menentukan kalimat tanya sesuai isi kalimat
|
||
menentukan makna kata berimbuhan
dalam kalimat .
|
||
Disajikan paragraf cerita, siswa dapat menentukan hal yang diceritakan.
|
||
2.
|
Menulis dan memahami berbagai bentuk tulisan berupa petunjuk, bagian
cerita yang hilang, surat, paragraf, pengumuman, pantun anak, karangan,
surat undangan, dialog 2-3
tokoh, laporan ringkasan, buku poster, puisi bebas, pengisian formulir, ringkasan,
percakapan, prosa (dari puisi),
pidato, naskah drama anak, dan
surat resmi
|
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kata yang tepat.
|
Disajikan 4 kalimat
sederhana secara acak, siswa dapat
mengurutkannya menjadi paragraf yang padu.
|
||
Siswa dapat membuat
kalimat bagian isi pada surat permohonan izin tidak masuk sekolah.
|
||
Siswa dapat menuliskan tanggal surat dengan benar.
|
||
Siswa dapat mengisi formulir sederhana dengan benar.
|
||
Siswa dapat melengkapi kalimat pembuka pidato yang belum
lengkap dengan kata yang tepat.
|
||
Siswa dapat melengkapi kutipan pidato dengan kalimat penutup dengan benar.
|
||
Siswa dapat melengkapi kutipan percakapan sederhana
yang belum lengkap dengan kalimat yang tepat.
|
||
Siswa dapat melengkapi paragraf sederhana yang belum lengkap dengan kalimat yang tepat.
|
||
Siswa dapat melengkapi penggalan cerita sederhana
yang belum lengkap dengan kalimat yang tepat.
|
||
Disajikan sampiran pantun
sederhana, siswa dapat melengkapinya
dengan bagian isi yang sesuai.
|
||
Siswa dapat memperbaiki
penggunaan kata berimbuhan dalam kalimat.
|
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012 8
Tidak ada komentar:
Posting Komentar