KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI
1. BAHASA INDONESIA
SD/MI
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Membaca
Membaca berbagai teks nonsastra berupa teks sederhana, laporan,
pengumumsn, petunjuk pemakaian,
ringkasan, makna kata, dan rubrik
khusus, serta berbagai karya sastra berupa puisi, dongeng, cerita anak, dan
drama anak.
|
Disajikan teks bacaan 3 – 4 paragraf, siswa dapat:
• menjawab
pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa, bagaimana, atau mengapa)
• membuat
kalimat tanya sesuai dengan isi
salah satu paragraf
• menentukan
ide pokok salah satu paragraf
• menentukan
kalimat yang sesuai dengan salah
satu paragraf.
|
Disajikan gambar kemasan
obat yang terdapat petunjuk pemakaiannya,
siswa dapat menjelaskan penggunaan
obat sesuai dengan tingkatan umur.
|
||
Disajikan petunjuk penggunaan
sebuah produk yang diacak, siswa dapat mengurutkan
dengan susunan yang tepat.
|
||
Disajikan rubrik khusus surat pembaca,
siswa dapat menentukan kalimat saran dengan tepat.
|
||
Disajikan cuplikan pengumuman,
siswa dapat menentukan isinya.
|
||
Disajikan teks drama, siswa dapat:
• menentukan
tokoh utama
• menentukan
latar
• menentukan
amanatnya.
|
||
Disajikan paragraf yang terdiri
atas
4 kalimat, siswa dapat menentukan kalimat utamanya.
|
||
Disajikan teks percakapan,
siswa dapat menyimpulkan isinya.
|
||
Disajikan sebuah paragraf, siswa
dapat:
• menentukan
makna yang terkait di dalamnya
• mengartikan
salah satu kata sulit dalam
kalimat.
• Menentukan
antonim salah satu kata yang
terdapat di dalam paragraf.
|
||
Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai ilustrasi yang disajikan.
|
||
Siswa dapat menentukan ungkapan sesuai ilustrasi yang disajikan.
|
||
Disajikan pantun, siswa dapat menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
|
||
Disajikan dua teks, siswa dapat
menentukan persamaannya
|
||
Disajikan jadwal perjalanan
beberapa nama kereta api berbagai
jurusan, siswa dapat:
• membuat
pernyataan sesuai isi jadwal
• menentukan
kereta tertentu yang berangkat/datang lebih cepat/lambat sesusi isi jadwal
|
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012 1
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
Disajikan puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksud yang terkandung di dalamnya.
|
Disajikan cuplikan cerita
anak, siswa dapat menyimpulkan
isinya.
|
||
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat:
• menentukan
isinya
• memperbaiki kalimat yang salah strukturnya.
|
||
Disajikan percakapan dua atau
tiga orang, siswa dapat menentukan
topiknya.
|
||
Disajikan teks satu
paragraf, siswa dapat:
• menentukan
ringkasannya
• menentukan
temanya
• menentukan
pesan yang terkandung di dalamnya.
|
||
Disajikan teks puisi pendek,
siswa dapat:
• menentukan
parafrase yang tepat
• menentukan makna kata
pada puisi yang disajikan.
|
||
2.
|
Menulis
Mengungkapkan pikiran,
perasaan,
dan informasi
dalam bentuk karangan sederhana,
petunjuk pemakaian, surat, pengumuman,
dialog, formulir, teks pidato,
laporan, dan ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata yang tepat; menulis
berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrase, dan
pantun
|
Disajikan
petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk yang runtut.
|
• Disajikan empat
kalimat yang disusun secara acak,
siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu.
• Disajikan
dua kalimat tunggal, siswa dapat menggabungkan dengan kata hubung yang
tepat.
• Disajikan
kalimat rumpang, siswa dpat melengkapi dengan kata gabung yang tepat.
|
||
Disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belum lengkap, siswa
dapat melengkapi dengan kalimat
efektif yang tepat.
|
||
Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat
surat yang disajikan.
|
||
Disajikan cuplikan pengumuman yang
belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang di dalamnya terdapat kata depan yang tepat.
|
||
Disajikan
dialog antara dua atau tiga orang yang belum
lengkap, siswa dapat melengkapi
dengan kalimat yang tepat.
|
||
Disajikan formulir dan data isian, siswa dapat melengkapi formulir sesuai dengan
data yang disajikan.
|
||
Disajikan teks pidato yang
belum lengkap, siswa dapat:
• melengkapi
dengan kalimat yang tepat
• memperbaiki
kalimat yang ejaannya salah.
|
||
Disajikan
surat resmi yang di dalamnya
terdapat kata yang tidak tepat, siswa dapat memperbaikinya dengan kata yang sesuai orang
yang dituju.
|
||
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat membetulkan
ejaan yang salah.
|
||
Disajikan data, siswa dapat menentukan kalimat laporan sesuai data.
|
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012 2
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
Disajikan sebuah pantun yang
belum lengkap di bagian isi, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
|
Disajikan gambar kegiatan,
siswa dapat menyusun sebuah
paragraf yang sesuai dengan maksud
gambar.
|
||
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
|
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012 3
2. MATEMATIKA SD/MI
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami konsep
dan operasi hitung bilangan serta
dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah.
|
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan operasi hitung campuran bilangan cacah.
|
||
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan bulat.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan.
|
||
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian berbagai bentuk pecahan.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang
berkaitan dengan skala atau perbandingan
lainnya.
|
||
Siswa dapat menentukan urutan berbagai bentuk pecahan dari
besar ke kecil atau sebaliknya.
|
||
Disajikan dua buah bilangan,
siswa dapat menentukan
KPK atau FPB dalam bentuk
faktorisasinya.
|
||
Disajikan tiga buah bilangan
dua angka, siswa dapat menentukan
FPB atau KPK-nya.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan KPK.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan FPB.
|
||
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat
dua.
|
||
Siswa dapat menentukan hasil penarikan akar pangkat
tiga dari suatu bilangan pangkat tiga.
|
||
Siswa dapat penyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penarikan
akar pangkat tiga.
|
||
2.
|
Memahami konsep
ukuran dan pengukuran berat, panjang, luas dan volume waktu serta penggunaannya dalam pemecahan
masalah
kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan ukuran waktu
dengan satuan yang berbeda atau ukuran panjang satuan panjang yang berbeda
yang disajikan dalam soal cerita
sederhana.
|
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan satuan debit atau satuan volum.
|
||
Siswa dapat menentukan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan ukuran
berat atau satuan luas.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang
berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan
waktu.
|
||
3.
|
Memahami konsep,
sifat dan unsur- unsur bangun geometri
dapat menghitung besar-besaran yang
terkait dengan bangun geometri
(2D/3D) memahami konsep
transformasi bangun datar, serta
dapat menggunakannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan bentuk bangun datar dari
beberapa sifat-sifat bangun yang disajikan atau sebaliknya.
|
Siswa dapat menentukan hasil pencerminan
dari gambar suatu bangun datar yang
disajikan.
|
||
Siswa dapat menentukan unsur-unsur yang ada pada
bangun ruang yang disajikan (titik
sudut, sisi, atau rusuk).
|
||
Siswa dapat menentukan satu pasang bangun yang sama dan sebangun dari beberapa gambar yang disajikan.
|
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012 4
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
Siswa dapat menentukan jaring-jaring suatu bangun ruang.
|
Disajikan gambar bangun datar
dengan ukuran yang ditentukan siswa dapat menghitung
luasnya.
|
||
Siswa dapat menentukan luas gabungan atau irisan dari
dua bangun datar sederhana.
|
||
Siswa dapat menentukan luas bagian lingkaran (misal
setengah lingkaran).
|
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan volum kubus atau balok.
|
||
Siswa dapat menentukan volume prisma segitiga
dari suatu gambar yang ukurannya
diketahui.
|
||
Siswa dapat menentukan volume tabung dari suatu gambar
tabung yang ukurannya diketahui.
|
||
4.
|
Memahami konsep
koordinat untuk menentukan letak
benda dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
Diberikan beberapa titik pada bidang koordinat, siswa dapat menentukan koordinat salah satu titik.
|
5.
|
Memahami konsep
pengumpulan
data penyajian data dengan
tabel dan grafik mengurutkan data rata-rata
serta menerapkan dalam pemecahan
masalah kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan banyak data dari suatu gambar
diagram batang yang disajikan
(terbanyak, terendah selisih,
dll).
|
Siswa dapat menentukan banyak data pada diagram
lingkaran yang disajikan (data dari persentase atau besar sudut tertentu).
|
||
Siswa dapat menentukan diagram batang dari data yang disajikan dalam bentuk tabel.
|
||
Siswa dapat menentukan salah satu unsur dari data
yang disajikan dalam bentuk diagram batang atau lingkaran.
|
||
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data (rentang banyak data 6 – 10
data).
|
||
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari data
berbentuk tabel (banyak data kurang dari 20 data).
|
||
Siswa dapat menghitung nilai rata-rata dari sajian data berbentuk diagram batang.
|
||
Siswa dapat menentukan nilai median dari
sekumpulan data tunggal yang disajikan.
|
||
Siswa dapat menentukan nilai modus dari data yang
disajikan dalam bentuk soal cerita.
|
||
Siswa dapat menentukan nilai tertinggi atau terendah
dari data yang disajikan.
|
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012 5
3. ILMU PENGETAHUAN
ALAM SD/MI
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami ciri-ciri
dan
penggolongan hewan dan tumbuhan, manfaat
tumbuhan dan hewan bagi manusia,
serta upaya pelestariannya.
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada
hewan/tumbuhan tertentu
|
Disajikan contoh beberapa tumbuhan/hewan
dalam satu kelompok, siswa
dapat menentukan dasar pengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut
|
||
Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan
bagi kehidupan manusia/lingkungan
|
||
Siswa dapat menjelaskan tujuan melestarikan hewan/tumbuhan
langka
|
||
2.
|
Memahami perkembangbiakan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan
|
Disajikan gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat menentukan cara perkembangbiakannya
|
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan fisik pada manusia
|
||
Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan
|
||
3.
|
Memahami saling
ketergantungan antarmakhluk hidup
|
Siswa dapat menjelaskan contoh hubungan antar makhluk hidup (salah satu jenis simbiosis)
|
Siswa dapat menentukan rantai makanan yang cocok dalam komunitas/ekosistem
tertentu
|
||
Siswa dapat menentukan peran komponen ekosistem berdasarkan gambar rantai makanan
|
||
4.
|
Memahami penyesuaian
diri pada makhluk hidup serta peranan
manusia dalam keseimbangan lingkungan
|
Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan
|
Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada hewan/tumbuhan
tertentu
|
||
5.
|
Memahami bagian tubuh
manusia, tumbuhan, dan hewan, menjelaskan fungsinya,
serta mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat.
|
Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan
berdasarkan strukturnya
|
Disajikan gambar alat indera,
siswa dapat menentukan fungsi
bagian yang ditunjuk
|
||
Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada
salah satu bagian alat pernafasan
berdasarkan gambar
|
||
Disajikan gambar alat pencernaan
manusia, siswa dapat menjelaskan proses yang dilakukan enzim/zat
pencernaan yang dihasilkan oleh
bagian yang ditunjuk
|
||
Siswa dapat menentukan urutan aliran darah pada salah
satu sistem peredaran darah manusia berdasarkan gambar
|
||
Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia berdasarkan gambar
|
||
Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan tertentu bagi kesehatan tubuh manusia
|
||
Siswa dapat menjelaskan cara pecegahan salah satu
jenis penyakit pada manusia
|
||
6.
|
Memahami sifat
penyusun benda, perubahan bentuk benda dan kegunaan, serta pengaruh suhu
terhadap benda dalam kehidupan
sehari-hari
|
Disajikan ilustrasi suatu
kegiatan siswa dapat menentukan
jenis perubahan wujud zat yang terjadi
|
Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bahan untuk
keperluan tertentu atau dapat menyebutkan
bahan dasar benda tertentu
|
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012 6
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat menjelaskan
pengaruh suhu terhadap benda pada kegiatan tersebut
|
Siswa dapat menjelaskan contoh jenis perpindahan
kalor yang terjadi pada suatu kegiatan/peristiwa
|
||
7.
|
Memahami hubungan
antara gaya, gerak, energi dan perubahannya, serta manfaatnya dalam kehidupan
sehari- hari.
|
Disajikan gambar kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan
|
Disajikan pernyataan/gambar,
siswa dapat mengidentifikasi gaya
dapat mengubah gerak/bentuk suatu
benda
|
||
Disajikan gambar/ilustrasi
suatu kegiatan, siswa dapat menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai digunakan.
|
||
Disajikan gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan sumber bunyi dari alat tersebut
|
||
Disajikan gambar/pernyataan,
siswa dapat menentukan sifat cahaya dari gambar/pernyataan tersebut
|
||
Disajikan gambar/pernyataan,
siswa dapat menentukan perubahan
energi yang terjadi
|
||
Siswa dapat menyebutkan contoh energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat menentukan lampu yang menyala/mati
jika salah satu saklar diputus/disambung
|
||
8.
|
Mendeskripsikan berbagai jenis
sumber daya alam, perubahan yang terjadi dalam
pengunaannya, serta dampaknya bagi kehidupan.
|
Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah
|
Disajikan gambar/pernyataan,
siswa dapat menentukan manfaat salah satu jenis sumber daya alam
|
||
Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia
yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)
|
||
Siswa dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui/tidak dapat
diperbaharui.
|
||
9.
|
Memahami sistem tata surya bagi kehidupan.
|
Menentukan nama planet/ciri-ciri planet dalam tata
surya
|
Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan terhadap kehidupan di bumi
|
||
Siswa dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan atau menjelaskan terjadinya gerhana matahari/bulan.
|
||
Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan tahun masehi/tahun hijriah.
|
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012 7
B. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SDLB
4. BAHASA
INDONESIA
SDLB – A, D, DAN E (TUNANETRA, TUNA DAKSA RINGAN,
DAN TUNA LARAS)
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Membaca dan memahami berbagai bentuk teks bacaan nonsastra dan sastra berupa petunjuk pemakaian, kamus, ensiklopedi, denah, teks agak panjang
(150 - 200 kata), pengumuman, pantun, teks, percakapan, puisi,
cerita anak, kolom khusus (majalah
anak, kolom dan lain-lain), serta drama
|
Disajikan paragraf sederhana,
siswa dapat:
• menentukan ide pokoknya
|
• menentukan isi paragraf
|
||
• menentukan tema bacaan.
|
||
Disajikan bacaan sederhana
dua paragraf tanpa judul, siswa dapat:
• menentukan judul bacaan
|
||
• menyimpulkan isi bacaan
|
||
• menentukan kalimat utama paragraf
pertama
|
||
• menentukan kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf.
|
||
Disajikan bacaan sederhana,
siswa dapat:
• mengartikan ungkapan pada paragraf
|
||
• menentukan sinonim kata dalam paragraf
|
||
• menentukan antonim kata dalam paragraf.
|
||
Disajikan kalimat sederhana, siswa dapat:
• menentukan kalimat tanya sesuai isi kalimat
|
||
• menentukan makna kata berimbuhan
dalam kalimat .
|
||
Disajikan paragraf cerita, siswa dapat menentukan hal yang diceritakan.
|
||
2.
|
Menulis dan memahami berbagai bentuk tulisan berupa petunjuk, bagian
cerita yang hilang, surat, paragraf, pengumuman, pantun anak, karangan,
surat undangan, dialog 2-3
tokoh, laporan ringkasan, buku poster, puisi bebas, pengisian formulir, ringkasan,
percakapan, prosa (dari puisi),
pidato, naskah drama anak, dan
surat resmi
|
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kata yang tepat.
|
Disajikan 4 kalimat
sederhana secara acak, siswa dapat
mengurutkannya menjadi paragraf yang padu.
|
||
Siswa dapat membuat
kalimat bagian isi pada surat permohonan izin tidak masuk sekolah.
|
||
Siswa dapat menuliskan tanggal surat dengan benar.
|
||
Siswa dapat mengisi formulir sederhana dengan benar.
|
||
Siswa dapat melengkapi kalimat pembuka pidato yang belum
lengkap dengan kata yang tepat.
|
||
Siswa dapat melengkapi kutipan pidato dengan kalimat penutup dengan benar.
|
||
Siswa dapat melengkapi kutipan percakapan sederhana
yang belum lengkap dengan kalimat yang tepat.
|
||
Siswa dapat melengkapi paragraf sederhana yang belum lengkap dengan kalimat yang tepat.
|
||
Siswa dapat melengkapi penggalan cerita sederhana
yang belum lengkap dengan kalimat yang tepat.
|
||
Disajikan sampiran pantun
sederhana, siswa dapat melengkapinya
dengan bagian isi yang sesuai.
|
||
Siswa dapat memperbaiki
penggunaan kata berimbuhan dalam kalimat.
|
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012 8
Tidak ada komentar:
Posting Komentar